Senin, 07 Maret 2016

RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN

   Dibawah ini kami sajikan kelanjutan contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN.pembaca bisa menyimak perbedaan - perbedaan  contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN dengan yang terdahulu. RPP ini sifatnya tidak baku. pendidik bisa merubah atau menambah sesuai dengan kondisi lingkungan masyarakat dimana pendidik tinggal.
  Pada pertengahan tahun semua guru  di indonesia disibukkan dengan penyusunan perangkat pembelajaran baik penyusunan KTSP tahun 2006 maupun kurikulum 2013, sebagai pegangan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.  guru kembali mmembuat perangkat pembelajaran khususnya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Didalam RPP berkarakter sesuai KTSP didalam kegiatan pembelajaran berisi 3 tahapan yakni, eksplorasi, elaborasi dan kompirmasi, khususnya dikelas rendah menggunakan pembelajaran tematik,dari kelas 1,2,dan 3. dibawah ini adalah contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN yang saya buat per-tema dan didalam RPP tersebut sudah kami buatkan indikator  pembelajaran. di blog ini juga kami buatkan RPP  tema - tema lain pada semester 2. semoga dapat bermanfaat.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK


NAMA SEKOLAH         : .........................................
TEMA                              : KERAJINAN TANGAN
KELAS /SEMESTER    : 3 (Tiga)/2 (Dua)
ALOKASI WAKTU      : 3 MINGGU

A. STANDAR KOMPETENSI
I. PKN
      3.   Memiliki harga diri sebagai individu
II.  IPS
      2.   Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
III. IPA
      5.   Menerapkan konsep energi gerak
IV. Matematika
      3.   Memahami pecahan sederhana dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
      4.   Memahami unsur dan sifat-sifat bangun datar sederhana
V.  Bahasa Indonesia
      5.   Memahami cerita dan teks drama anak yang dilisankan
      6.   Menguangkapkan pikiran, perasaan dan pengalaman secara lisan dengan bertelepon dan cerita
      7.   Memahami teks dengan membaca intensif (150 – 200 kata) dan membaca puisi
      8.   Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dalam karangan sederhana dan puisi

B. KOMPETENSI DASAR
PKN
:
3.2
Memberi contoh bentuk haraga diri, seperti menghargai diri sendiri, mengakui kelabihan dan kekurangan diri sendiri dan lain-lain

IPS
:
2.1
2.3
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
Memahami kegiatan jual bei di lingkungan rumah dan sekolah

IPA
:
5.2
Membuat kincir angin untuk menunjukkan bentuk energi angin dapat diubah menjadi energi gerak

Matematika
:
3.1
Mengenal pecahan sederhana

Bahasa Indonesia
:
5.1
Memberikan tanggapan sederhana tentang cerita pengalaman taman yang didengarnya



           Melakukan percakapan melalui telepon/ alat komunikasi sederhana   dengan menggunakan kalimat ringkas
Menjawab dan atau mengajukan pertanyaan tentang isi teks agak panjang (150 – 200 kata) yang dibaca secara intensif.
Menulis karangan sederhana berdasarkan gambar seri menggunakan pilihan kata dan kalimat yang runtut.
C. INDIKATOR

PKN


:


1. Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
2. Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
3. Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
4. Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
IPS
:
1. Membuat kliping tentangjenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan
    barang/ jasa
2. Menjelaskan tujuan jual beli
3.Menyebutkan yang dimaksud penjual
IPA
:
1. Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
2. Menentukan rancangan yang akan dibuat
3. Menentukan alat dan bahan yang mudah didapt dan mudah
    digunakan
4. Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah
    digunakan
5. Menggunakan alat dan bahan secara tepat
6. Siswa dapat membuat model sesuai rancangan dengan
     memperhatikan keindahan
7. Siswa dapat memodifikasi model-model yang dibuat
Matematika
:
1. Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
2. Menulis kalimat matematikanya
3. Menentukan sudut dari benda/ bangun
4. Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
5. Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
6. Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
Bahasa Indonesia
:
1. Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
2. Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
3. Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
4. Memperagakan percakapan melalui telepon
5. Menyimpulkan isi bacaan
6. Membaca contoh karangan
7. Membuat percakapan melalui telepon
8. Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
9. Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
10.Menulis ringkasan dongeng anak-anak
11.Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
PKN
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat mengidentifikasikan perilaku
    yang menceritakan harga diri
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan cara agar dihargai
   orang lain
3. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan cara agar pendapat
    kita didengar orang lain
4. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan cara menyikapi
    teman yang suka berbohong
IPS
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat membuat kliping tentangjenis-
    jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
2. Melalui tanya jawab siswa dapat menjelaskan tujuan jual beli
3. Melalui membaca siswa dapat menyebutkan yang dimaksud
    penjual
IPA
:
1. Melalui pengamatan siswa dapat membuat salah satu benda yang
    dapat bergerak oleh angin
2. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan rancangan yang akan
    dibuat
3. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan alat dan bahan yang
    mudah didapt dan mudah digunakan
4. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan alat dan bahan yang
    mudah didapat dan mudah digunakan
5. Melalui penjelasan siswa dapat menggunakan alat dan bahan secara
    tepat
6. Melalui penjelasan siswa dapat membuat model sesuai rancangan
    dengan memperhatikan keindahan
7. Melalui penjelasan siswa dapat memodifikasi model-model yang
    dibuat
Matematika
:
1. Melalui penjelasan siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang
    berkaitan dengan pecahan
2. Melalui penjelasan siswa dapat menulis kalimat matematikanya
3. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan sudut dari benda/
    bangun
4. Melalui pengamatan Siswa dapat menjelaskan sudut sebagai daerah
    yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
5. Melalui penjelasan siswa dapat mengurutkan besar sudut menurut
    ukuran
6. Melalui penjelasan siswa dapat membuat jenis sudut lancip, siku-
    siku dan tumpul
Bahasa Indonesia
:
1. Melalui membaca siswa dapat mendengarkan bacaan yang berisi
    simbol lalu lintas
2. Melalui penjelasan siswa dapat membuat percakapan melalui telepon
    dengan teman
3. Melalui demonstrasi Siswa dapat melakukan bermain peran dengan
    alat komunikasi telepon
4. Melalui demonstrasi siswa dapat memperagakan percakapan melalui
    telepon
5. Melalui membaca siswa dapat menyimpulkan isi bacaan
6. Melalui penjelasan siswa dapat membaca contoh karangan
7. Melalui penjelasan siswa dapat membuat percakapan melalui telepon
8. Melalui demonstrasi siswa dapat membuat kalimat berdasarkan
    gambar seri
9. Melalui penjelasan siswa dapat menyusun karangan berdasarkan
    gambar seri
10. Melalui penjelasan siswa dapat menulis ringkasan dongeng anak-
    anak
11. Melalui penjelasan siswa dapat menentukan tema puisi
     berdasarakan gamabar

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

E.  MATERI POKOK
1.   PKn
1. Kekayaan alam Indonesia
2. Harga diri
3. Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia
2.   IPS
1. Jenis-jenis pekerjaan
2. Semangat kerja
3. Jual beli
4. Uang
5. Pengelolaan uang
3.   IPA
1. Energi
2. Gerak benda
3. Kenampakan permukaan bumi
4. Cuaca
5. Pengaruh Cuaca terhadap kehidupan
6. Kelestarikan dan pemeliharaan alam
4.   Matematika
1. Pecahan
2. Bangun datar
3. Sudut
4. Persegi dan persegi panjang
5.   Bahasa Indonesia
1. Menanggapi cerita
2. Menirukan dialog
3. Menceritakan peristiwa
4. Percakapan
5. Menjawab pertanyaan
6. Menulis karangan

F.   METODE PEMBELAJARAN
      1.   Informasi
      2.   Diskusi
      3.   Tanya Jawab
      4.   Demonstrasi
      5.   Pemberian Tugas

G. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Apresepsi:
1. Guru mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.
2. Guru memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.
3. Guru mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu
B.  Kegiatan Inti
      Minggu I :
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit ( IPA, PKn, Matematika)      
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
      IPA
1. Siswa mengumpulkan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
2. Guru menentukan alat dan bahan yang dikumpulkan oleh siswa
PKn
1. Guru menjelaskan tentang perilaku yang mencerminkan harga diri
2. Siswa menyebutkan perilaku yang mencerminkan harga diri
Matematika
1. Membahas pengertian pecahan 1/2. 1/3. 1/4 dan 1/6 dari kegiatan sehari-hari
2. Menguji keterampilan siswa mewarnai gambar sesuai dengan pecahan yang diminta
3. Siswa menentukan nilai pecahan dari gambar yang diwarnainya

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Guru menjelasakn tentang simbol-simbol lalu lintas
2. Siswa mendengarkan bacaan yang berisi simbol-simbol lalu lintas
3. Siswa menuliskan arti simbol-simbol lalu lintas yang disediakan
4. Siswa menjawab pertanyaan tentang simbol-simbol lalu lintas dengan bantuan gambar
IPS
1. Guru menjelaskan tentang jenis-jenis pekerjaan baik yang menghasilkan barang/ jasa
Matematika
1. Menjelaskan tentang pembilang dan penyebut suatu pecahan
2. Mencari tahu pembilang dan penyebut suatu pecahan yang disajikan

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Bersama teman sebangkunya, siswa mendiskusikan membuat percakapan melalui
    telepon tentang pelajaran
2. Siswa melakukan percakapan di depan kelas dengan menggunakan alat komunikasi
    telepon
Matematika
1. Guru menjelaskan cara menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
2. Menguji kemampuan siswa menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan
    pecahan
IPA
1. Guru dan siswa menentukan rancangan yang akan dibuat
2. Siswa menyiapkan rancangan tersebut untuk membuat kincir angin

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menyimak bacaan yang dibaakan oleh guru
2. Siswa menuliskan kesimpulan dan bacaan yang disimaknya
IPS
1. Siswa membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan
2. Siswa menjelaskan isi kliping yang dibuatnya di depan kelas

Minggu II
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa membuat kincir angin dengan bimbingan guru
2. Siswa membawa kincir angin ke luar ruangan agar bergerak dengan tiupan angin
PKn
1. Guru menjelaskan cara agar dihargai orang lain
2. Siswa diminta menjelaskan acra agar dihargai orang lain
Matematika
1. Bertanya jawab tentang benda-benda dalam kehidupan sehari-hari yang menggunakan
   sudut
2. Menyelesaikan soal-soal yang menentukan jumlah sudut dengan sajian gambar benda-
   benda dalam kehidupan sehari-hari

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mendengar sebuah contoh karangan
2. Siswa menulis sebuah karangan dengan benar]
3. Siswa membacakan karangannya di depan kelas
IPS
1. Guru menjelaskan tentang jual beli
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang jual beli
Matematika
1. Bersama teman sebangku, siswa mendefinisikan pengertian sudut dari kegiatan
    menghimpitkan lidi sama panjang pada kedua ujungnya.
2. Siswa menyimpulkan dari hasil kegiatan tersebut

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa membuat percakapan melalui telepon dengan benar
2. Siswa membacakan percakapan melalui telepon yang dibuatnya
3. Siswa mendengarkan percakapan melalui telepon yang dipraktikkan oleh temannya
Matematika
1. Guru mengarahkan siswa menunjukkan satu gerakan tubuh yang menunjukkan sudut
2. Siswa mendemonstrasikan gerakan tersebut di depan kelas
3. Siswa menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan sudut
IPA
1. Guru memberikan penilaian terhadp ketepatan penggunaan alat dan bahan yang
    digunakan untuk membuat kincir angin

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 menit (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa menyusun gambar seri yang disajikan
2. Siswa menulis kalimat dari gambar seri tersebut
3. Siswa membacakan kalimat dari gambar seri tersebut
IPS
1. Guru menjelaskan tentang tujuan jual beli
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang tujuan jual beli

Minggu III
ý  Pertemuan I : 6 x 35 menit (IPA, PKn, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
IPA
1. Siswa memperindah kincir dengan hiasasan-hiasan yang sesuai
2. Guru memberikan penilaian hasil karya siswa
PKn
1. Siswa diminta menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
2. Siswa diminta menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
Matematika
3. Guru mengarahkan siswa membuat sudut siku-siku dari selembar kertas
4. Disajikan gambar sudut, siswa diminta untuk mengurutkan besar sudut tersebut menurut
    ukurannya

ý  Pertemuan II : 6 x 35 menit (B. Indonesia, IPS, Matematika)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Disajikan gambar seri, siswa menuliskan kalimat dari gambar seri tersebut
2. Siswa menuliskan karangan dengan mengembangkan kalimat dari gambar seri tersebut
3. Siswa membacakan hasil karangannya di depan kelas
IPS
1. Guru menjelaskan tentang penjual
2. Siswa menanggapi penjelasan guru tentang penjual
Matematika
1. Dengan menggunakan kertas terlipat siku-siku, siswa membedakan sudut siku-siku,
    sudut tumpul dan sudut lancip
2. Siswa berdiskusi tentang definisi sudut tumpul dan sudut lancip berdasarkan kertas lipat
    yang telah dibuat

ý  Pertemuan III : 6 x 35 menit (B. Indonesia, Matematika, IPA)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Siswa mendengarkan dongeng yang dibacakan temannya/ gurunya
2. Siswa menuliskan ringkasan dari dongeng tersebut
3. Siswa membacakan ringkasan dari dongeng tersebut
Matematika
1. Guru menguji kemampuan siswa menentukan jenis sudut menggunakan kertas terlipat
    siku-siku
2. Siswa menghitung banyaknya sudut menurut jenisnya dari suatu bangun
IPA
1. Siswa memodifikasi model-model kincir angin agar lebih bervariasi
2. Guru memberi penilaian hasil kerja siswa

ý  Pertemuan IV : 3 x 35 (B. Indonesia, IPS)
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi.
Bahasa Indonesia
1. Disajikan gambar dari sebuah puisi, siswa membacakan  puisi dengan penuh
    penghayatan
2. Siswa menuliskan tema puisi
IPS
1. Siswa melakukan/ mempraktekkan proses jual beli dengan bimbingan guru
2. Siswa membuat laporan dari hasil praktiknya
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi.
1. Siswa dapat  membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas
    tertentu yang bermakna;
2. Siswa diberi tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara
    lisan maupun tertulis;
3. Siswa diberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan
    bertindak tanpa rasa takut;
4. Siswa diberi kesempata dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
5. Siswa dapat berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
    belajar;
6. Siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan
    maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi.
1. Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2. Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
    penguatan  dan penyimpulan

C.  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir.
1. Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
2. Siswa mengajukan pertanyaan sekitar materi yang belum dipahami, guru menjawabnya
3. Siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan guru
4. Guru memeriksa dan membahas pekerjaan siswa
5. Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.  ALAT DAN SUMBER BELAJAR
A. Sumber Belajar :
1.   Buku Pendidikan Kewargaanegaraan
2.   Buku IPA
3.   Buku Matematika
4.   Buku Bahasa Indonesia
5.   Buku IPS
6.   LKS
7.   Kamus Bahasa Indonesia
8.   Pedoman EYD
9.   Koran dan Majalah
B. Alat Peraga:
1.   Gambar-gambar baju daerah
2.   Gambar-gambar rumah ibadah
3.   Gambar-gambar rumah adat
4.   Kompas
5.   Kincir angin
6.   Globe
7.   Uang kartal dan uang giral
8.   Tabel perbelanjaan
9.   Puisi
10. Drama
11. Bangun datar
12. Busur derajat

I.    PENILAIAN
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
PKN :
§  Mengidentifikasikan perilaku yang menceritakan harga diri
§  Menjelaskan cara agar dihargai orang lain
§  Menjelaskan cara agar pendapat kita didengar orang lain
§  Menjelaskan cara menyikapi teman yang suka berbohong
IPS :
§  Membuat kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§  Menjelaskan tujuan jual beli
§  Menyebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§  Membuat salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
§  Menentukan rancangan yang akan dibuat
§  Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§  Menentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§  Menggunakan alat dan bahan secara tepat
§  Membuat model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
§  Memodifikasi model-model yang dibuat
Matematika :
§  Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
§  Menulis kalimat matematikanya
§  Menentukan sudut dari benda/ bangun
§  Menjelaskan sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§  Mengurutkan besar sudut menurut ukuran
§  Membuat jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§  Mendengarkan bacaan yang berisi simbol lalu lintas
§  Membuat percakapan melalui telepon dengan teman
§  Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
§  Memperagakan percakapan melalui telepon
§  Menyimpulkan isi bacaan
§  Membaca contoh karangan
§  Membuat percakapan melalui telepon
§  Membuat kalimat berdasarkan gambar seri
§  Menyusun karangan berdasarkan gambar seri
§  Menulis ringkasan dongeng anak-anak
§  Menentukan tema puisi berdasarakan gamabar

Tes lisan Tes tertulis


uraian
isian
PKN :
§  Jelaskanlah perilaku yang menceritakan harga diri
§  Jelaskanlah cara agar dihargai orang lain
§  Jelaskanlah cara agar pendapat kita didengar orang lain
§  Jelaskanlah cara menyikapi teman yang suka berbohong
IPS :
§  Buatkanlah kliping tentang jenis-jenis pekerjaan baik menghasilkan barang/ jasa
§  Jelaskanlah tujuan jual beli
§  Sebutkan yang dimaksud penjual
IPA :
§  Buatkanlah salah satu benda yang dapat bergerak oleh angin
§  Tentukan rancangan yang akan dibuat
§  Tentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§  Tentukan alat dan bahan yang mudah didapat dan mudah digunakan
§  Jelaskanlah cara gunakan alat dan bahan secara tepat
§  Buatkanlah model sesuai rancangan dengan memperhatikan keindahan
§  Jelaskanlah model-model yang dibuat
Matematika :
§  Selesaikan soal cerita yang berkaitan dengan pecahan
§  Tuliskanlah kalimat matematikanya
§  Tentukan sudut dari benda/ bangun
§  Jelaskanlah sudut sebagai daerah yang dibatasi oleh dua senar (garis berpotongan)
§  Urutkan besar sudut menurut ukuran
§  Buatkanlah jenis sudut lancip, siku-siku dan tumpul
Bahasa Indonesia :
§  Jelaskanlah bacaan yang berisi simbol lalu lintas
§  Buatkanlah percakapan melalui telepon dengan teman
§  Jelaskanlah cara Melakukan bermain peran dengan alat komunikasi telepon
§  Peragakan percakapan melalui telepon
§  Simpulkan isi bacaan
§  Bacakanlah contoh karangan
§  Buatkanlah percakapan melalui telepon
§  Buatkanlah kalimat berdasarkan gambar seri
§  Susunkanlah karangan berdasarkan gambar seri
§  Tuliskanlah ringkasan dongeng anak-anak
§  Tentukan tema puisi berdasarakan gamabar

·   LKS
·   Lembar observasi.


J. Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1
           
2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1
  
3.Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.










CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.



Mengetahui
Kepala ...........................



..........................................
NIP.

............ ...................... 2016        
Guru Tematik Kelas III



..............................
NIP. -

Demikian informasi tentang contoh contoh contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN dan mohon kembali dishare RPP tema - tema lain dan kritik serta saran sangat kami butuhkan demi sempurnanya contoh RPP KTSP TERDAPAT INDIKATOR KELAS 3 SD SEMESTER 2 TEMA KERAJINAN TANGAN semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua. ''salam edukasi''












0 komentar:

Posting Komentar